Social Icons

Rabu, 20 Maret 2013

PERKEMBANGAN MUSIK INDONESIA

Perkembangan Musik di Indonesia



Perkembangan musik di indonesia sangatlah menarik untuk di amati. Musik juga merupakan suatu warisan budaya yang patut kita lestarikan, Selain itu perjalanannya sangat dinamis dan sangat pesat mengikuti perkembangan zaman. perkembangan musik di indonesia ini patutlah kita banggakan karena setelah mampu menjadi industri musik yang baik dan tidak tertinggal zaman, musik indonesia sekarang banyak di nikmati oleh sebagian orang baik di indonesianya sendiri maupun di luar indonesia.


Saat ini salah satu perkembangan musik indonesia yang layak untuk di banggakan, karena musik indonesia juga mampu menjadi tuan rumah di negeri seperti negara-negara lainnya. Bila berpuluh tahun yang lalu masayarakat indonesia lebih tertarik mendengarkan musik dari manca negara, namun saat ini masyarakat indonesia cenderung lebih tertarik mendengarkan musik- musik dari negeri sendiri. Bahkan sudah ada beberapa musisi yang mampu membuat karyanya yang dikonsumsi bukan hanya orang indonesia tetapi juga banyak dari negara-negara lain yang ikut mengkonsumsinya.

Adapun jenis-jenis musik Indonesia yang saat ini sedang populer dan digemari masyarakat antara lain adalah :

1.Musik Dangdut 

Meski sebenarnya berasal dari India, namun jenis musik ini telah menjadi bagian dari musik Indonesia. Karena aromanya sudah berubah dan punya ciri khas keIndonesiaan yang cukup kuat.Kelebihan dari musik ini adalah iramanya yang enak didengar serta syairnya yang lebih terbuka dibanding dengan jenis musik yang lain.


2.Musik pop


Jenis musik ini juga bisa dibilang punya peran yang cukup besar bagi perkembangan musik Indonesia. Selain itu kebanyakan penyanyi dan musisi kita juga lebih tertarik untuk membuat karya musik dalam jenis ini. Karena selain penggemarnya cukup banyak jenis musik ini juga lebih mudah untuk dimainkan.

3.Musik daerah


Jangan pernah katakan bila musik daerah akan mati digilas oleh perkembangan jaman. Karena musik Indonesia yang satu ini justru sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan para pelaku seni musik modern pun saat ini banyak yang suka memasukan musik daerah pada karya karya mereka. Dan masyarakat sangat mendukung tindakan ini dengan cara mengoleksi kaset atau CD yang diedarkan.

4.Musik rock


Aliaran musik yang berirama keras ini juga telah menjadi bagian dari musik Indonesia. Kebanyakan penggemarnya adalah para remaja dan orang yang masih berusia muda. Karena ciri khas dari musik ini adalah menunjukan kegairahan dan semangat yang menyala nyala. Meski syairnya kadangkala mengandung rintihan, namun irama musiknya tetap keras dan kuat.

5.Keroncong


Beberapa waktu yang lalu jenis musik Indonesia yang satu ini hampir mengalami kepunahan. Namun oleh beberapa musisi muda kita diangkat kembali dengan aroma musik yang lebih modern dan berjiwa muda pula. Maka jenis musik ini kembali terangkat dan mampu menunjukan tingkat kepopuleran yang tinggi.

6.Reggae


Musik reggae Indonesia telah bangkit. Hal ini ditandai munculnya musisi-musisi reggae yang ikut meramaikan industri musik Indonesia yang dari jaman ke jaman powered by Pop music. Banyaknya media-media yang mengangkat tema tentang perkembangan musik reggae di Indonesia belakangan ini juga merupakan sebuah indikasi “the uprising of Indonesia reggae music” telah dimulai. Kita mengenal Mas Tony Q Rastafara, Steven and Coconut Trees, Souljah, Ras Muhammad, Pasukan Lima Jari, UpRising, Gangstarasta, Joni Agung and Double T sebagai “reggae musicians” yang turut meramaikan jagad musik reggae tanah air. Kabar gembira buat kita semua karena kita tidak lagi harus susah payah untuk bisa mendengarkan sebuah alunan musik reggae. Sekarang sudah banyak radio station yang sesekali memutarkan musik reggaa, bahkan berkali-kali.

7.Jazz


entuk seni musik, baik dalam komposisi tertentu  maupun improvisasi yang merefleksikan melodi-melodi secara spontan.
Legenda jazz dimulai di New Orleans dan berkembang di sungai mississippi, Memphis, St. Louis, dan akhirnya Chicago. Tentu saja musik jazz dipengaruhi oleh musik yang ada di New Orleans, tribal drums Afrika dan struktur musik ala eropa. Latar belakanG jazz ridak dapat dilepaskan dari fakta dimana jazz dipengaruhi berbagai musik seperti musik spiritual, cakewalks, ragtime dan blues.
Salah satu legenda jazz yang dipercaya bahwa sekitar 1891 seorang pemilik kedai cukur rambut di New Orleans bernama Buddy Bolden meniup cornetnya dan saat itulah musik jazz dimulai sebagai gebrakan baru di dunia musik. Setengah abad kemudian musik jazz di Amerika memberi banyak kontribusi di dunia musik, dipelajari di universitas, dan akhirnya menjadi aliran musik yang serius dan diperhitungkan.
Musik jazz sebagai seni yang populer mulai menyebar ke hampir semua masyrakat Amerika pada tahun 1920-an (dikenal sebagai jazz age). Jazz semakin marak di era swing pada akhir 1930-an dan mencapai puncaknya pada akhir 1950-an sebagai jazz modern. Diawal tahun 20-an dan 30-an jazz telah menjadi kata yang dikenal umum.
Pengaruh perkembangan musik blues tidak dapat ditinggalkan saat membahas musik jazz diawal-awal tahun perkembangannya. Kemampuan untuk memainkan musik blues menjadi standar bagi semua musisi jazz, terutama digunakan dalam berimprovisasi dan ber-jam session.

8.Ska


Ska adalah genre musik yang berasal di Jamaika pada akhir 1950-an, dan merupakan pendahulu rocksteady dan reggae. Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat. Pada awal 1960-an, ska adalah genre musik yang dominan di Jamaika dan popular di kalangan para mod di Britania Raya. Musik ini kemudian populer di kalangan skinhead.Sejarah ska umumnya dibagi menjadi tiga periode: ska asli Jamaika dari tahun 1960-an (gelombang pertama), kebangkitan ska 2 Tone Inggris pada akhir 1970-an (gelombang kedua), dan gerakan ska gelombang ketiga yang dimulai pada 1980-an, dan meraih kepopuleran di Amerika Serikat pada 1990-an
Ada berbagai teori yang berbeda-beda menganai asal usul kata ska. Ernest Ranglin mengklaim bahwa istilah ska diciptakan oleh musisi untuk menyebut suara petikan gitar yang digaruk, "skat! skat! Skat! Menurut penjelasan lainnya, dalam sesi rekaman tahun 1959 di bawah produser Coxsone Dodd, pemain dobel bass Cluett Johnson menginstruksikan kepada gitaris Ranglin untuk "memainkannya seperti ska, ska, ska." Meskipun penjelasan ini disangkal sendiri Ranglin yang membantah "Instruksi itu tidak cukup untuk memberi tahu apa yang harus kumainkan!] Teori lebih lanjut mengatakan ska berasal dari kata skavoovie yang sering diucapkan Cluett Johnson ketika menyambut rekan-rekannya. Jackie Mittoo bersikeras bahwa musisi ska menyebut ritme yang mereka mainkan sebagai Staya Staya, dan Byron Lee adalah tokoh yang memperkenalkan istilah 'ska'Gitar dan piano menghasilkan bunyi, seperti 'ska, ska,' itulah sebabnya kami sebut ska. Suara gitar dan piano, itulah mengapa kami menyebutnya sebagai ska.

SUMBER : http://budi-st-reggaesunshine.blogspot.com/2013/01/perkembangan-musik-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar